Sabtu, 12 April 2014

Defenisi Electronic Commerce (e-Commerce)

Defenisi Electronic Commerce (e-Commerce) - Electronic commerce (EC) merupakan suatu desain atau konsep baru yang bisa digambarkan dalam proses jual beli dari suatu barang atau jasa pada (WWW) World Wide Web Internet atau bisa juga dikatakan sebagai proses jual beli dalam hal barang ataupun jasa dalam sistem internet.

Defenisi Electronic Commerce (e-Commerce)

Kalakota dan Whinston (1997) mendefenisikan EC dari beberapa prespektif berikut :


  • Dari perspektif komunikasi, EC adalah tentang pengiman informasi, produk/ layanan, atau pembayaran melalui lini telepon, jaringan komputer atau saran elektronik lainnya.
  • Dari perspektif proses bisnis, EC adalah sebuag aplikasi teknologi menuju otomatis transaksi dan aliran kerja perusahaan.
  • Dari perspektif layanan, EC adalah sebuah alat yang diunakan untuk gmemenuhi keinginan dari perusahaan,dari konsumen, dan juga dari manajemen dalam rangka memangkas biaya layanan ketika sedang meningkatkan mutu barang dan juga meningkatkan kecepatan pelayanan.
  • Dari perspektif online, EC adalah hal sangat terkait dengan sistem jual beli sebuah produk dan pertukaran informasi di layanan Internet dan jasa layanan online lainnya.
beberapa orang melihat istilah commerce (perdangan) sebagai sebuah transaksi yang dilakukan antar perusahaan yang berpatner. Karena istilah Electronic commerce terkesan sempati bagi beberapa orang atau beberapa kalangan.

Sejumlah orang lebih suka menggunakan istilah e-businees yang mengacu pada defenisi e-Commerce secara lebih luas, tidak sekedar menjual dan membeli, namum juga berarti melayani pelanggan dan berkolaborasi dengan partner bisnis,serta pelaksanaan transaksi elektronis dalam suatu organisasi.

Artikel ini dikutip dari Strategi Periklanan Pada e-Commece Perusahaan Top Dunia Oleh M.Suyanto yang diterbitkan oleh Penerbit ANDI

Demikian Artikel Ampuh mengenai Defenisi Electronic Commerce (e-Commerce) , yang memberikan kita pengetahuan sekilas mengenai penjualan atau bisnis elektronik. semoga bermanfaat untuk kita semua.

Tidak ada komentar: